Penerapan PPKM mikro sebagai strategi pengendalian Covid19 sekaligus upaya pemerintah daerah dalam adaptasi kebiasaaan baru dan pemulihan ekonomi

Penyuluhan Hukum #1

Materi :

Penerapan PPKM mikro sebagai strategi pengendalian Covid19 sekaligus upaya pemerintah daerah dalam adaptasi kebiasaaan baru dan pemulihan ekonomi.

Narasumber :

M. Mahfudz Syafi’i SH.,M.Hum (Ketua Komisi I DPRD)

Yudhia Ismail, S.H., M.Hum (Dekan Fakultas Hukum Universitas Merdeka Pasuruan)

Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwasanya Masyarakat dapat mendukung program-program pemerintah terutama pemda dalam menyelesaikan wabah covid19 agar tertangani dengan baik.

Dalam UUD 1945 pasal 1 ayat 3 telah diatur bahwasanya negara Indonesia adalah negara hukum maka setiap warga negara harus patuh pada hukum.

Selain itu dalam UU no 36 tahun 2009 tentang Kesehatan disebutkan dimana upaya Kesehatan adalah setiap kegiatan atau serangkaian kegiatan yang dilakukan secara terpadu, terintegrasi dan berkesinambungan untuk memelihara dan meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat dalam bentuk pencegahan penyakit, peningkatan Kesehatan, pengobatan penyakit dan pemulihan Kesehatan oleh pemerintah dan atau masyarakat.

Pemerintah telah berkali2 memberikan edukasi dan tracing kepada masyarakat, permasalahannya adalah masyarakat yang belum memahami aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Masyarakat masih mengedepankan ego. Ada yg percaya terhadap covid19 ada yang tidak percaya.

Untuk itu pemerintah harus tegas dalam menyelesaikan masalah tersebut agar tidak berkepanjangan karena dampak dari pandemic covid19 ini sangat luas. Tidak hanya dari sisi Kesehatan tetapi juga berdampak dari sisi ekonomi bangsa dan negara.

About admin

Check Also

Memahami Hak dan Kewajiban Pasien-Dokter dalam menangani Covid-19

Hubungan pasien dan dokter adalah hubungan kemitraan yang sejajar, keduanya terikat dalam “perjanjian terapeutik” di …