KEGIATAN KELUARGA SADAR HUKUM DI TIGA KELURAHAN OLEH SUB BANTUAN HUKUM SEKRETARIAT DAERAH KOTA PASURUAN

Dalam upaya mewujudkan kesadaran hukum yang lebih baik agar setiap warga masyarakat menyadari dan menghayati hak dan kewajibannya sebagai warga Negara dan mewujudkan budaya hukum dalam sikap dan perilaku yang sadar, patuh, dan taat terhadap hukum dan menghormati hak asasi manusia, Pemerintah Kota Pasuruan melaksanakan kegiatan KADARKUM (Keluarga Sadar Hukum) di tiga kelurahan kota Pasuruan selama 3 hari lamanya.

Kegiatan ini diselenggarakan di kelurahan Kebonsari di hari pertama pada hari selasa tanggal 13 September 2022 dengan menghadirkan Narasumber dari Kantor Urusan Agama Kecamatan Bugul Kidul yaitu bapak Hakam Hamidi, S.Ag, M.Pd.I yang menyampaikan Materi : Pernikahan Dini. kemudian Narasumber kedua bapak Arif Andi Hisbun selaku kepala subbagian umum BNN kota Pasuruan dengan materinya mengenai : UU No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dan Perpres No.23 Tahun 2010 Tentang BNN, Narasumber ketiga bapak Ariyanto Novindra, SH., MH. selaku kasi barang bukti dan barang rampasan Kejakasaan Negeri Kota Pasuruan yang menyampaikan Materi : Sosialisasi Penghentian Tuntutan Berdasarkan Restorative Justice serta Narasumber Penyuluh Hukum pada Bagian Hukum yaitu Aditya Wahyu Wardhana, SH. yang menyampaikan materi : Fasilitasi Bantuan Hukum dan JDIH.

Hari kedua pelaksanaan kegiatan Kadarkum dilaksankaan pada tanggal 14 September 2022 yang diselenggarakan di kelurahan krampyangan dengan menghadirkan Narasumber Iptu Kokoh Rahmadi, SH,. MH. selaku Kasikum Polres Kota Pasuruan yang menyampaikan Materi : Kenakalan remaja dan pencegahan penyalahgunaan narkotika. Kemudian Narasumber kedua yaitu Bapak Eko Arif Setiawan, SH. selaku Penyuluh Hukum pada Kemenkumham yang menyampaikan Materi : Merk, Paten dan Hak Cipta. Narasumber ketiga yaitu Bapak Nur Effendi, SH selaku Penyuluh Hukum pada Kemenkumham yang menyampaikan Materi : Pembinaan Kadarkum. serta Narasumber Penyuluh Hukum pada Bagian Hukum yaitu Wardah Musahilla Latief, SH. MH. yang menyampaikan materi : Fasilitasi Bantuan Hukum dan JDIH.

Hari Ketiga pelaksanaan kegiatan Kadarkum dilaksanakan pada tanggal 15 September 2022 yang diselenggarakan di Kelurahan Bugul Kidul dengan menghadirkan Iptu Kokoh Rahmadi, SH,. MH. selaku Kasikum Polres Kota Pasuruan yang menyampaikan Materi : Tips Mencegah begal, Narasumber kedua Ibu Nanik Muhayati, SH, M.Hum selaku Penyuluh Hukum pada Kemenkumham dengan Materi : Keluarga Sadar Hukum, Narasumber ketiga Ibu Ayu Febriana, SH. selaku Penyuluh Hukum pada Kemenkumham Dengan Materi Penghapusan Kekerasan dalam Rumah tangga, serta Narasumber Penyuluh Hukum pada Bagian Hukum yaitu Aditya Wahyu Wardhana, SH. yang menyampaikan materi : Fasilitasi Bantuan Hukum dan JDIH.

Kadarkum berfungsi sebagai wadah untuk menghimpun warga masyarakat yang berkesadaran hukum. Kadarkum berfungsi sebagai wadah untuk menghimpun warga masyarakat yang berkesadaran hukum. Kadarkum mempunyai tugas meningkatkan kadar kesadaran hukum baik bagi para anggotanya maupun bagi masyarakat pada umumnya. Selanjutnya diharapkan semakin banyak masyarakat yang sadar / patuh dan dapat menerapkan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari yang nantinya akan mengarah terbentuknya Kelurahan Sadar Hukum.

About admin

Check Also

Penyuluhan Hukum tentang Implementasi Undang-undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja

Undang-Undang Cipta Kerja atau Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (disingkat UU Ciptaker atau UU CK) adalah undang-undang di Indonesia yang telah disahkan …